Dr. Badruzzaman, S.Ag., M.Pd.

DR. BADRUZZAMAN PAT BADRUN, S.Ag., M.Pd.

09 November 2022

Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto



Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto adalah gedung pertemuan yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 4, Kelurahan PasarKecamatan Lembah SegarKota SawahluntoSumatra BaratIndonesia. Gedung ini dibangun pada tahun 1910 dengan nama "Gluck Auf". Bangunannya memiliki luas 870 meter persegi dengan gaya arsitektur neoklasik.

Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto

Pada 3 November 2022, gedung ini terbakar sebagian, persisnya pada bagian atap. Kebakaran diduga akibat korsleting di plafon bagian bawah atap.

Sejarah

Pada awalnya, gedung ini berfungsi sebagai tempat perkumpulan dan hiburan (societeit) bagi pejabat pemerintah kolonial Belanda. Gedung ini juga pernah disebut dengan Gedung Bola karena pada salah satu sisi bangunannya dijadikan sebagai tempat bermain olahraga boling dan biliar.

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini menjadi aset milik PT Bukit Asam.

Sebelum tahun 2005, gedung ini pernah dijadikan sebagai kantor oleh Bank Mandiri. Setelah dilakukan revitalisai, pada tanggal 1 Desember 2006 bertepatan dengan Ulang Tahun kota Sawahlunto ke 118, gedung ini dijadikan sebagai Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto yang diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik IndonesiaJero Wacik dan didampingi oleh wali kota Sawahlunto Ir. H. Amran Nur.


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Pusat_Kebudayaan_Sawahlunto?wprov=sfla1

Tidak ada komentar:

Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto

Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto  adalah gedung pertemuan yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 4,  Kelurahan Pasar ,  Kecamatan Lembah Sega...