FOOTNOTE HISTORIS: AKIBAT KEANGKUHAN MANUSIA (1)


by Ahmad M. Sewang 

Saat kapal Titanic hadir di awal abad ke-20, Disebutkan bahwa ia merupakan bukti kemajuan teknologi manusia yang paling pesat. Kapal Titanic termasuk kapal termewa, terlengkap, dan modern di awal abad ke-20. Tidak heran jika kapal ini paling dibanggakan pada pelayaran jauh antara Inggeris dan Amerika Serikat. Tetapi, kapal ini pula, membawa malapetaka kemanusiaan akibat keangkuhan manusia bahwa tidak akan bisa tenggelam oleh apa dan siap pun, termasuk Insinyur perancang kapal ini, Thomas Adrews, berkata, "Tuhan sendiri tidak akan bisa menenggelamkan kapal ini," katanya.

Akibat keangkuhan manusia, tidak lama setelah berlayar dari Inggeris, kapal ini menabrak gunung es. Kapal itu tenggelam pada bulan April 1912 di Atlantik Utara, sampai sekarang kapal itu masih menjadi perhatian dunia. Bahkan, bagai Jasad Fira'un yang sengaja jenazahnya diawetkan Tuhan sebagai pelajaran bagi manusia yang datang kemudian. Demikian pula bangkai kapal ini masih awet di bawah laut bak diselimuti arwah misterius yang mengundang siapa pun sebagai pelajaran baginya.

Insiden tenggelamnya Kapal Titanic tercatat menjadi salah satu kecelakaan paling tragis di dunia. Peristiwa ini juga sempat diangkat menjadi sebuah karya film. Kapal pesiar termewah sepanjang sejarah tenggelam di Maiden Voyage pada April 1912 karena menabrak gunung es di Samudra Atlantik. Bahkan saya sendiri menjadikan ring tone di handphone agar selalu mengenangnya sebagai pelajaran untuk tetap rendah hati dan menghindari kepongahan.

Wasalam,
Kompleks GPM, 24 Juli 2023 M/ 6 Muharram 1445 H

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT SULAWESI SELATAN

SISTEM KEKERABATAN ORANG BUGIS, MAKASSAR, MANDAR DAN TORAJA

SEKILAS SEJARAH MASUKNYA KRISTEN DI ALOR