PUISI H.ARIFUDDIN SIRAJ

SALAM KASIH BUAT  NEGERIKU

Negeriku, aku sedih bila memandang wajahmu
penuh bopeng dan borok
Negeriku, aku menangis
bila merenungi nasibmu
penuh derita dan lara
Negeriku, aku meratap bila menatap tubuhmu
yang kini terkulai
tidak berdaya. 
Tahukah engkau, kalau
aku bukan lagi pemilikmu
tapi milik para naga
milik para singa, 
milik para serigala,
milik anjing-anjing 
yang angkuh dan serakah
Tahukah engkau, kalau
aku telah dilumpuhkan
dan dibelenggu 
dalam kerangkeng 
politik tirani penguasamu ?
Tahukah engkau, kalau
aku selalu menyaksikan 
mayat tersungkur 
dengan lubang peluru
di dadanya, ditembak
aparat tanpa prosedur dan alasan yang pasti ?
Tahukah engkau, kalau
hari ini orang-orang 
yang senantiasa mencintaimu, 
selalu membelamu
telah diberangus dan
tak lagi dapat berbuat
apa-apa ?
Aku kesulitan tuk menjawabnya, dan 
tak lagi bisa bersuara
dengan bibirku 
yang terkatup, namun
masih bisa bersuara
dengan goresan puisiku
semoga engkau mau
membacanya. 

Gowa, 03 Januari 2021
H. ARIFUDDIN SIRAJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATIFIKASI SOSIAL MASYARAKAT SULAWESI SELATAN

SISTEM KEKERABATAN ORANG BUGIS, MAKASSAR, MANDAR DAN TORAJA

SEKILAS SEJARAH MASUKNYA KRISTEN DI ALOR